Belajar ikhlas dan cara berkomunikasi yang baik

dari judulnya kayak tutorial gitu ya. tapi bukaaaaaaaan
oh my God, saya justru masih sangat kesulitan dan masih juga belajar 2 hal di atas. bagaimana menjadi seseorang yang bener-bener ikhlas dan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan semua golongan, muda, tua, dan segala macemnya.
yang pertama, bagaimana caranya ikhlas
saya sadar, saya paham, semua yang di dunia ini hanyalah titipan, segala yang kita punyai adalah milik Allah, yang sebagian juga merupakan hak bagi yang membutuhkan. tapi saya masih kabur dalam membedakan mana yang benar-benar hak kita untuk kita pakai sepenuhnya, dan mana yang juga merupakan sebagian dari hak orang lain. saat kapan kita menjadi orang yang super baik dan mengijinkan orang lain memakai barang kita, padahal kita lagi butuh? atau tentang bagaimana caranya ikhlas berbagi, padahal kita sedang membutuhkannya, benar-benar membutuhkannya untuk dipakai sendiri. ketika kita khawatir apabila dipakai bersama akan menimbulkan kenggak-enakan yang justru nggak penting, bagaimana caranya ikhlas? bagaimana caranya ikhlas? yang justru ketika ikhlas itu datang, kita merasa ter-rugi-kan. adakah yang seperti ini? atau ini cuma ke-selfish-an yang terlalu meninggi?
kita belajar mandiri. belajar memenuhi kebutuhan kita sendiri, agar tidak merepotkan orang lain. kita selalu belajar bagaimana menyelesaikan masalah sendiri. sampai orang lain membuat kita risih dengan caranya yang "menggantungkan diri" kepada orang lain. atau cuma saya yang berlebihan? atau sebenarnya yang bersangkutan sedang berusaha untuk tidak merepotkan lagi, atau memang sedang pasif2 saja?
di saat kita risih sebenarnya kita bisa memanfaatkan hak kita untuk : berbicara.
tapi untuk kesekian kalinya, saya adalah communicator yang buruk.
dan yang kedua, bagaimana cara berkomunikasi yang baik.
bagaimana caranya mengkomunikasikan ketidak nyamanan saya, karena tentu saja, saya ga mau menyinggung perasaannya, apalagi kalau suatu saat saya berada di posisinya, tapi masak ga nyadar-nyadar juga, kalo beli sendiri dan pake punya sendiri itu lebih enak kan?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Posting Komentar